Pemerintahan

37 Persen ASN KBB Galau Hadapi Pensiun

37 Persen ASN KBB Galau Hadapi Pensiun

03 Juli 2018

LEMBANG - Dari survey yang dilakukan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Bandung Barat terhadap Paratur Sipil Negara (ASN) yang sudah masuk Masa Persiapan Pensiun (MPP), diketahui bahwa sebanyak 37 persen mengaku galau menghadapi masa pensiun. Sedangkan 67 persen lainnya mengaku senang akan segera pensiun.

Kegalauan yang dihadapi para ASN senior tersebut terjadi akibat ketidak siapan mereka untuk meninggalkan dunia kerja. Sebagaimana diutarakan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, BKPSDM KBB, H. Idad Saadudin ketika memberikan laporan pada Bimtek Pembekalan pada ASN yang akan menghadapi MPP, di Lembang, Selasa (3/7) pagi.

"Beberapa ASN yang memasuki MPP memang mengaku galau dan bingung ketika menghadapi masa pensiun karena mereka tidak tahu harus melakukan apa untuk mengisi masa pensiun nanti, sehingga dikhawatirkanbakan terjadi Post Power Syndrome," kata Idad.

Untuk menghindari hal tersebut pihaknya berinisiatif untuk memberikan pembekalan kepada mereka dalam bentuk bimtek agar lebih siap secara fisik dan psikologis sehingga bisa menghadapi dan menjalani masa pensiun dengan penuh percaya diri.

Meskipun demikian, idad menjelaskan bahwa mayoritas ASN atau sebanyak 63 persen mengaku senang akan segera pensiun karena mereka akan segera terbebas dari tugas dan beban kerja.

"Bahkan sebagian dari mereka mengaku akan membuka usaha agar tetap bisa beraktifitas dan memiliki penghasilan agar tidak mengandalkan uang pensiun semata," tuturnya.

Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) KBB, Wandiana dalam sambutannya menuturkan bahwa pensiun merupakan suatu keniscayaan bagi ASN yang telah menempuh masa kerja dan usia sesuai dengan ketentuan.

"Pensiun adalah hal yangvtidak bisa dihindari bagi kita selaku ASN. Oleh karena itu kita harus bisa menghadapinya sebagai sebuah ketentuan serta takdir," ujarnya.

Meskipun sudah pensiun, Wandiana menegaskan, setidaknya mereka tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, karena telah memberikan tenaga waktu dan fikirannya dalam perjalanan bangsa ini selama mereka bekerja menjadi ASN.

Untuk menghindari Post Power Syndrome, Ia menghimbau agar selalu berfikir dan merasa muda serta tetap beraktifitas meski tidak sebanyak ketikanmasih mengabdikan diri pada pemerintah.

"Intinya, kita harus memiliki sifat Qona'ah dalam menerima dan menghadapi apa yang telah menjadi ketentuan sebagai bagian dari takdir. Dan jangan lupa untuk tetap menikmati dan mensyukuri apapun kondisi yang dihadapi," pungkasnya.


(HUMAS KBB)

Lokasi KBB

Alamat KBB

Jl. Padalarang - Cisarua KM 2 Kecamatan Ngamprah

022-6866258

022-6866259

kbb@bandungbaratkab.go.id